Asyiknya Belajar Bersama Linux

Sering kebanyakan dari kita menganggap bahwa Linux adalah sebuah sistem operasi proyek sambatan sehingga menghasilkan kualitas yang tak bermutu. Hal ini sangat tidak benar, coba kita telusuri satu per satu keuntungan kita menggunakan Linux.

Pernahkah kita bayangkan menggunakan sistem operasi bebas virus?
Kita sadari ataupun tidak kita sering merasa direpotkan dengan banyaknya virus yang mengganggu pekerjaan kita bersama komputer kesayangan. Di Sistem Operasi Ndongkrok (“Windows”) (maaf ndongkrok berarti desktop dalam bahasa Jawa kami). Ribuan bahkan mungkin jutaan virus telah siap menghadang, mengganggu, bahkan tidak jarang merusak pekerjaan yang telah kita buat dengan bercucuran keringan, air mata dan darah (wah kayak perang tuch…..). Sering document kita yang kita buah dengan Ms. Word hancur jadi *.exe ataupun *.scr atau yang lain dech, alternatif mungkin kita simpan dengan format *.rtf. Tapi hal itu tidak serta merta mengatasi masalah. Karena sering document yang kita buat terselipi dengan gambar, object dan lain sebagainya yang menjadikan document yang kita buat membengkak sampai puluhan bahkan ratusan kali lipat.
Jutaan hal lain senantiasa menghantui kita dalam menggunakan sistem operasi buatan Microsoft Corporation ini. Ya… kita harap di lain waktu Microsoft dapat memperbaiki kinerjanya, sehingga harganya yang selangit itu sesuai dengan kinerjanya.
Linux & OpenSource bebas kejaran “Mbayar”
Sebagai warga negara yang taat hukum dan suka dengan penegakan hukum, kita tidak pantas menuduh pemerintah berbuat korupsi, maling dan sebagainya kalau kita sendiri maling. Ya…. apa boleh dikata komputer yang kita gunakan sehari-hari ternyata beroperasi dengan sistem operasi curian. “Apa kita gak malu?” Ya… be to our self dech…..
Cerita dan kisah kita akan jadi beda kalau kita pake yang betul-betul free dan halal. Ya… emang sedikit repot bila kita bandingkan dengan pake punyaknya mbah Bill Gates, tapi nggak ada yang sia-sia dari rasa repot yang kita buat. Hal yang repot akan menjadi manis tatkala kita dapat mengatasinya.
Setting dan Konfigurasi yang menyenangkan
Driver hu… kadang memusingkan kita, pa lagi di lingkungan Windows yang selalu driver dan driver. Tatkala kita install, ya… hal yang tidak boleh kita lupakan adalah sediakan setumpuk CD / DVD Driver mulai motherboard sampai dengan Wireless Modem. Cerita lama di Linux yang dulu dikatakan primitiv tentang keberadaan Driver HardWare kini mulai terpendam dalam-dalam. Sekarang di lingkungan Linux telah tersedia berbagai macam driver, bahkan jika kita tidak temukan driver hardware kita di Linux kita toh bisa kanibalkan dengan driver milik Windows. Pokoknya asyik dech….
Sebenarnya masih ada segudang ungkapan untuk Linux…. dan OpenSource……

Ayo maju terus Linux di Indonesia……………………………………………………………….

Iklan

2 comments on “Asyiknya Belajar Bersama Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s