KOMUNITAS LINUX KUDUS MULAI MENGGELIAT

Fakultas Teknik Program Studi Sistem Informasi UMK (Muria Kudus University) merupakan tempat nongkrongnya anak-anak yang pengen mendalami seluk beluk komputer. Tak henti-hentinya mereka mengkaji berbagai teknologi yang berkembang saat ini.

Seiring dengan terbukanya dunia informasi saat ini, mereka pun mulai terbuka dengan dunia informasi yang menyajikan berbagai macam rona kehidupan di belantara sistem operasi komputer. Pendidikan yang selama ini mereka kenyam selama ini hanya berbasiskan sistem operasi buatan Microsoft dan rekan-rekannya. Kini mereka sadar bahwa ada berbagai sistem operasi lain yang kemungkinan lebih murah, lebih stabil, lebih aman dari gangguan virus dan tidak menuntut banyak lisensi komersial.
Berawal dari pemikiran yang demikian, ada beberapa mahasiswa yang sepakat untuk membentuk suatu komunitas Linux, yang sementara ini difokuskan pada distro OpenSuse. Distro ini dirasa lebih stabil dan mempunyai banyak dukungan ke hardware. Walaupun cukup disayangkan Novel sebagai perusahaan pensuport distro ini telah mengadakan akuisisi (kerjasama) dengan Microsoft Corporation. Walaupun demikian hal ini kami anggap sebagai suatu hal yang baik selama Novel tetap mempertahankan OpenSuse dan tidak mengkomersilkannya seperti yang telah dilakukan oleh Microsoft.
Sebenarnya keinginan mereka untuk bergabung dengan komunitas OpenSuse secara nasional yang tergabung dalam Komunitas OpenSuse Indonesia yang beralamatkan di http://www.opensuse.or.id sangat besar. Tetapi kesiapan para Linuxer di Kota Kudus ini belum terlalu matang. Semoga kedepannya di bulan-bulan ke depan hal ini dapat terealisasi dengan baik. Setidaknya perkembangan open source pada umumnya dan Linux pada khususnya dapat berkembang pesat di kota Kudus dan sekitarnya.
Harapan para Linuxer ini adalah kampus UMK dapat lebih terbuka dengan kenyataan, bahwa dunia sistem operasi komputer saat ini bukan hanya milik Microsoft, ada sistem operasi lain yang ternyata banyak digunakan di berbagai perusahaan. Penulis berharap semoga UMK dapat lebih dapat membuka diri kepada sistem operasi yang terbuka dan non komersial ini. Sehingga pembelajaran yang dilakukan di UMK tidak terpusat pada program berbasis Windows. Semisal saja pembahasan mata kuliah yang terkait dengan bahasa pemrograman, ada banyak program aplikasi yang dapat kita manfaatkan tanpa ketergantungan windows. Semisal saja untuk pascal kita bisa memakai free pascal, untuk Delphi bisa kita lakukan di Lazarus ataupun Kylix, untuk Visual Basic bisa kita coba di Gambas, ataupun bisa kita coba bahasa pemrograman multi platform yang sangat ampuh yakni Java baik yang berbasis teks maupun GUI. Semisal bisa kita gunakan Netbeans ataupun Alice yang sangat terkenal dengan kemampuannya beradopsi di berbagai sistem operasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s