SEMANGAT BULUTANGKIS VIRUS AMPUH PEMBANGKIT KEBANGKITAN NASIONAL

Indonesia, negara besar dengan jutaan potensi yang tersebar di berbagai pulau yang dimilikinya. Potensinya melimpah baik dari segi sumber daya alam maupun dari segi sumber daya manusia. Berbagai tambang terdapat di negeri yang kaya ini. Jutaan ladang dan sawah terhampar menghijau menghias hamparan tanah Indonesia.

Potensi sumber daya manusia Indonesia juta tak kalah dari negara lain. Ratusan juta penduduk yang menghuni negeri nan elok ini dengan berbagai kekayaan seni, budaya, dan keterampilan. Ragam budaya yang kaya ini sudah seharusnya menjadi modal besar bagi bangsa ini untuk menciptakan kreasi baru dalam rangka meningkatkan kekayaan ragam budaya bangsa ini.

Sudah seharusnya kita tidak hanya bangga dengan kejayaan masa lampau. Di masa lalu Dinasti Sailendra dapat membangun candi Borobudur sebagai manivestasi kemajuan teknologi bangsa kita. Sudah saatnya kita menunjukkan kepada dunia bahwa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang mampu menundukkan segala rintangan, bangsa yang mampu memberi nuasa indah kepada dunia. Bukan bangsa pengimpor barang-barang rongsokan, bukan bangsa pembajak kreasi bangsa lain. Kita punya jati diri, kita punya kemampuan lebih dari bangsa-bangsa yang lainnya.

Jika kita lihat dari perhelatan akbar di dunia olah raga Bulu Tangkis yang lagi ngetren beberapa hari ini. Bangsa kita telah mampu menunjukkan kepada dunia lewat event Thomas dan Uber Cup bahwa bangsa kita mampu bersaing di kancah internasional. Kalau kita tilik China sebagai juara wajarlah, mereka adalah guru kita. Sebagai murid yang baik memang tidak sopan menjamu di tempat murid dengan tidak memberikan oleh-oleh kepada mereka untuk dibawa pulang. Tapi seyogyanya kita sebagai murid juta harus menampakkan bahwa kita adalah murid yang berhasil. Murid yang bisa sampai langsung dapat bertanding dengan gurunya. Jangan sampai guru kita kecewa dengan muridnya ini.

Sudah saatnya bangsa Asia yang mempunyai beragam keajaiban dunia menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang besar. Jangan sampai semua teknologi dikuasai oleh bangsa barat (apalagi Amerika yang tak pernah punya keajaiban dunia????) mereka adalah bangsa baru yang baru seumur toge. Cina, Indonesia, India, Syiria, Turki adalah bangsa-bangsa besar yang menciptakan segala macam terobosan baru di masa lampau. Sudah saatnya membangkitkan kembali semangat nenek moyang kita yang besar. Sudah saatnya kita kembali bangkit melawan kemalasan kita mengkaji ilmu pengetahuan.

Bulutangkis Indonesia yang sudah diperhitungkan dunia, sudah saatnya juga menjadi virus hebat yang mampu menulari seluruh sektor di Indonesia. Baik sektor olah raga yang lain maupun ke sektor-sektor lainnya seperti pendidikan, bahkan sampai sudah saatnya pula semangat belajar ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang dunia sistem informasi meniru jejak para pebulutangkis kita. Jangan sampai Indonesia terkenal dengan negeri penuh dengan bajakan, tunjukkan pada dunia bahwa kita bangsa Indonesia bangsa yang kaya dengan budaya. Kekayaan dan keanekaragaman budaya kita sudah saatnya kita implementasikan ke dunia maya.

Di bidang sistem operasi “Linux” merupakan salah satu alternatif bagi bangsa Indonesia untuk menunjukkan jati dirinya. Semangat pebulutangkis kita yang bisa sampai di Semi Final dan Final kita harus ikuti di semangat Indonesia Go OpenSource. Sudah saatnya pendidikan Indonesia lewat Dinas Pendidikan mengkaji ulang, apakah masih layak kita bangsa Indonesia belajar dengan propriertary yang jelas-jelas melanggar hukum. 89% software di Indonesia adalah bajakan, apakah terus kita pertahankan dengan memaksakan penggunaan software propriertary digunakan di kalangan pendidikan Indonesia? Apakah kita tidak malu pada diri kita sendiri?

Kalau di dunia bulutangkis kita dapat mengekspor pemain, kenapa di dunia software kita kita dapat mengekspor software? Ayo kibarkan semangat…. ayo tunjukkan merah putih adalah bendera yang menjadi jiwa kita. Tunjukkan garuda adalah burung yang mampu terbang mengelilingi dunia. 100 tahun kebangkitan nasional adalah momentum yang tepat untuk kita untuk kembali bangkit melanglang buana mengarungi lautan dan angkasa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s