INSTALL FONT WINDOWS PADA OPENSUSE

<!– @page { size: 21cm 29.7cm; margin: 2cm } P { margin-bottom: 0.21cm } –>

Windows memang telah terkenal dengan keragaman dan kekayaannya di banyak bidang. Keragaman jenis huruf yang terdapat pada windows juga sangat menarik pengguna komputer untuk tetap setia menggunakan windows walaupun bajakan di sana-sini. Ragam font atau huruf di Windows membuat pengguna komputer terutama yang berkecimpung dalam dunia design memilih untuk tetap setia di Windows.

Kesadaran komunitas OpenSuse di Kudus dan sekitarnya yang baru seumur jagung berusaha mengembangkan diri lewat software legal berusaha mencari alternatif untuk melakukan aktivitasnya di bidang design lewat Linux OpenSuse. Lewat The Gimp mereka berusaha menuangkan ide yang biasanya di Windows mereka menggunakan PhotoShop. Di Microsoft Office yang biasanya kaya dengan font juga dapat kita alihkan font itu ke OpenOffice.org.

Nah… karena font di Windows ingin juga dipakai di Linux (OpenSuse) maka ada alternatif yang dapat kita lakukan, baik cara manual maupun dengan cara menggunakan KDE Control Centre, yaitu :

Kali ini saya hanya akan menunjukkan bagaimana menambah font windows di Linux OpenSuse dengan cara yang mudah dan cepat, alias tinggal click and click saja.

Langkah pertama adalah click start menu OpenSuse (Tuch… yang bergambar Bunglon) trus kalau start menunya masih bertipe OpenSuse pilih aja bagian Favorites kemudian pilih dengan click Configure Desktop. Nah… sampai di sini tunggu aja sampai aplikasinya muncul…

Langkah kedua adalah pilih bagian System Administration berada pada bagian kiri paling bawah. Selanjutnya pilih Font Installer, untuk melakukan instalasi atau penambahan font sebaiknya kita masuk pada mode administrator dengan click tombol Administrator Mode, kita akan diminta memasukkan password root, pastikan password yang kita masukkan benar. Nah… kalau dah sampai sini dah deket tuch.. ama tujuan kita…. (hehehe… kayak mau ke Bali aja…).

Langkah ketiga kita dapat click pada tombol Add Fonts, kita cari aja font dari Windows yang mau kita pasang di Linux (nantinya juga bisa terpasang di OpenOffice, maupun program yang lainnya). Sabar aja kalau font yang kita tambahkan banyak berarti prosesnya juga cukup lama.

Langkah keempat, kita tinggal click Aply dan OK terus kita buka aja OpenOffice untuk cek apakah font yang kita install tadi sudah masuk atau belum.

Betapa mudah kan menggunakan Linux? Ayo ramai-ramai gunakan dan pelajari Linux trus kalau udah paham ayo ramai-ramai juga kita kembangkan! OK!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s