Pengenalan Internet

PENDAHULUAN

Internet merupakan jaringan rangkaian komputer dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia. Internet berguna untuk berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia diseluruh dunia.

Internet – adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung – secara langsung maupun tidak langsung – ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 192.168.0.5.

Dengan INTERNET kita dapat memperoleh berbagai informasi apa saja dimana saja dan kapan saja (tak terbatas tempat dan waktu). Dengan search engine Dunia seperti yahoo (www.yahoo.co.id) dan google (www.google.co.id) dengan mengetikkan kalimat yang Anda ingin cari maka akan ditampilkan alamat website yang memberikan informasi tersebut.

Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.

Hal-hal yang dapat kita lakukan di internet

Berkomunikasi koresponden surat-menyurat dengan menggunakan e-mail

Memperoleh informasi dengan menerusi World Wide Web (WWW)

Memindah file dengan menelusuri File Transfer Protocol (FTP)

Video streaming yaitu dengan fasilitas ini kita dapat nonton file video, radio online dan sebagainya di komputer

Akses dan control komputer jarak jauh (remote login) menerusi Telnet

Berkomunikasi online/langsung dengan beberapa orang sekaligus dengan menggunakan Internet Relay Chat (IRC)

Fasilitas chating lain yang baru yang memungkinkan kita chatting dengan langsung dapat melihat gambar orang yang sedang chat juga ( technologi video streaming ) yaitu dapat kita gunakan MSN ( yahoo messenger / hotmail messenger )

Kelompok yang menggunakan Newsgroup sebagai wadah pemberitaan

Mengadakan forum elektronik, sebuah forum yang dapat dibaca umum dan dapat kita komentari

Untuk perusahaan dapat dipergunakan untuk central transaction controller, seperti ATM, credit card dan sebagainya langsung connect ke server perusahaan tersebut dengan bantuan jalur internet

Dan technology yang terbaru adalah VOIP yaitu dapat bertelepon dengan ke mana saja dengan bantuan jalur internet

JENIS-JENIS AKSES INTERNET

Ada banyak cara untuk mengakses internet antara lain :

Akses Internet dengan Sistem Dial-Up

Untuk mengakses internet dengan Sistem Dial-Up kita harus memiliki jaringan telepon rumah (telepon kabel). Dengan terlebih dahulu mendaftarkan ke PSTN (Public Switched Telephone Network). Setelah itu kabel telepon dihubungkan ke komputer dengan modem.

Akses Internet dengan Sistem Leased Line

Sistem ini sama dengan Dial-Up, hanya perbedaannya jalur yang dipakai untuk sistem Leased Line ini menyebabkan telpon hanya dapat digunakan untuk jaringan internet, sehingga tidak dapat digunakan untuk telepon dan faximile. Keunggulannya dengan sistem ini, kecepatan akses internetnya menjadi lebih cepat.

Akses Internet dengan Sistem Nirkabel

Biasanya sistem ini menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2,4 GHz dan 5,6 GHz.

Akses Internet dengan Sistem Telepon Seluler

Teknologi Ponsel sudah kian menjamur di tanah air. Berbagai fasilitas ditawarkan termasuk juga fasilitas untuk akses internet. Ponsel dapat digunakan untuk akses internet baik dengan ponsel langsung ataupun dengan cara ponsel dijadikan modem saja dengan dihubungkan ke komputer baik melalui kabel ataupun nirkabel (bluetooth). Kalau kita menggunakan jenis telepon GSM kita harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan GPRS (General Packet Radio Service). Berbeda dengan CDMA yang tak perlu menggunakan GPRS.

Akses Internet dengan Wi-Fi (Wireless Fidelity)

Dengan layanan wi-fi ini kita dapat mengakses internet dengan PDA (Personal Digital Assistant) maupun Laptop dan komputer yang dilengkapi dengan fasilitas wi-fi. Untuk mengakses internetnya kita harus berkunjung ke tempat yang terdapat fasilitas access point ataupun hot spot.

Akses Internet dengan Jaringan TV Kabel

Untuk mengakses internet melalui tv kabel ada beberapa perangkat khusus yaitu cable modem, kabel coaxial, spliter (pemisah saluran), dan kartu ethernet.

PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET

Komputer

Pada dasarnya semua komputer dapat digunakan untuk internet, asalkan telah dilengkapi dengan modem dan kartu jaringan.

Modem

Modem adalah alat untuk menghubungkan ke jaringan internet. Modem berfungsi sebagai modulator (mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog) dan demodulator (mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital). Modem ada beberapa jenis antara lain : Modem Internal (biasanya berupa card dan dicantapkan langsung di motherboard), Modem Eksternal (jenis modem yang biasanya berbentuk kotak dan terpisah dengan CPU, dapat dihubungkan baik dengan kabel maupun nirkabel), Modem Nirkabel (modem ini menghubungkan perangkat komputer kita ke internet melalui pemancar menggunakan gelombang elektromagnetik.

Router

Router berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data di internet agar paket data yang dikirimkan tepat sasaran dan tidak rusak.

Public Switched Telephone Network (PSTN)

Pada awalnya hanya ditujukan untuk komunikasi dengan media telepon. Akan tetapi sekarang PSTN juga menyediakan fasilitas untuk koneksi ke internet dengan kabel telepon dan sebuah modem.

Internet Service Provider (ISP)

ISP merupaka perusahaan yang menyediakan layanan akses internet baik bagi perseorangan, sekolah, maupun perkantoran. Contohnya : Indosatnet, Indonet, Wasantara, dan Telkomnet.

MACAM-MACAM ISP

ISP sebagai perusahaan telekomunikasi.

ISP sebagai perusahaan yang hanya menyediakan jasa layanan ke internet.

ISP seabgai perusahaan penyedia layanan operator ponsel.

ISP sesbagai perusahaan penyedia layanan tv kabel.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih ISP antara lain :

Harga

Dukungan Teknis

Kecepatan dan Jenis Modem

Akses jaringan, usahakan memilih ISP yang hanya menjual ulang jasa dari ISP lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s