HelloWorld Latihan Perkenalan Bahasa JAVA

Sekedar latihan aja dech, untuk permulaan kita kenal JAVA kita kenali aja dengan cara yang paling mudah…. Nyambung-punya nyambung…. bikin aja HelloWorld … kan enteng kayaknya tuch….
Nah… karena kemarin dah install java di Windows (yang pada pake windows 😦 ..) Tapi ane saranin pake Linux aja ya… Pa lagi kalau pake OpenSuse pasti lebih nyaman kok, kalau dibilang sulit kan bisa sambil balajar. Eh.. kok nglantur ayo mana script HelloWorldnya… Kalau kemarin dah di setting javanya lalu siapkan aja text editor (kalau di windows bisa pake notepad) kalau di Linux ma… banyak… da Vi, Vim, GEdit, dan masih seabrek lagi.. dah.. bagusnya lagi ada highlight nya… wow … keren abisss ….
Nah.. kalau dah siap silahkan perhatikan script di bawah ini :

public class Hello { 
/** * Program Pertama Ane.... Nich.... */ 
public static void main(String[] args) { 
//menampilkan string "Hello world" pada layar 
System.out.println("Hello world!"); } }

Nah… itu dulu aja ya… dipraktekkin oh ya… jangan lupa nyimpennya dengan nama Hello.java (nah… penamaan sebaiknya sama dengan classnya OK….). Kemudian yang pake windows silahkan buka command promp atau yang pake Linux silahkan masuk ke Konsole. terus arahkan ke folder di mana file ini di simpan. kemudian ketik perintah :

farazinux@ javac Hello.java farazinux@ java Hello

Nah… kalau dah muncul tulisan HelloWorld! maka ente telah berhasil tuch ngeksekusi script yang ente buat. Oh… ya… perintah yang atas gunanya untuk mencompile file *.java menjadi *.class. Trus yang bawah untuk ngejalanin file classnya. Kayaknya sich begitu…. Cobain aja ya…
Yukkk belajar lagi…

Iklan

One comment on “HelloWorld Latihan Perkenalan Bahasa JAVA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s