Inputan Keyboard dengan JAVA

Ah… pengen juga rasanya nostalgia ke semester awal dulu. Walau banyak derita karena takut sama dosen tapi asyik juga tuch, soalnya masih semangat-semangatnya kuliah. Maklum Mahasiswa baru, rajin bener berangkatnya aja jam 7. Di semester akhir ini dari pada cuma pusing buat laporan PKL sama persiapan skripsi gak da salahnya kita nostalgia ke semester awal. Kan kalau mau lulus dengan baik juga harus ingat apa yang telah disampaikan oleh bapak-bapak dosen di semester awal dulu.

Jadi ingat dulu waktu semester awal diajari pemrograman tapi berbasis DOS (Disk Operating System) miliknya Microsoft. Emmm kayaknya gelap gulita banget dech… soalnya tampilannya di command promp. Nah, dulu itu kayaknya seingatku diajari Foxpro under DOS. Tapi ane sebel banget yang namanya FoxPro. Gak terlalu jelas dech alasannya. Tapi yang jelas ane mo ingat-ingat masa lalu tapi ane wujudin pake JAVA (walau gak diajari di Kampus tapi ane lagi semangat nich belajar JAVA).

Nah… kali ini edisi belajar JAVA ane masih under Konsole (Command Promp kalau di Windows), soalnya ane masih kesengsem nich pake LINUX. Udah aman, nyaman, gak diuber-uber aparat lagi. 😀

Dulu seingat ane pernah diajari buat program yang hanya menangani inputan dari keyboard. Ya… itung-itung mengingat masa lalu di Foxpro yang menyedihkan, ane mau bikin penanganan keyboar under JAVA. Scriptnya sebagai berikut :

import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;

public class Keyboard {
	public static void main(String[] args) 
		throws IOException{
		BufferedReader input = new BufferedReader(
		new InputStreamReader(System.in));
		System.out.print("Nama Anda : ");
		String nama = input.readLine();
		System.out.print("Jenis Kelamin (Pria / Wanita) : ");
		String kelamin = input.readLine();
		System.out.print("Pekerjaan Anda : ");
		String job = input.readLine();
		System.out.print("Status Anda (Single / Married) : ");
		String status = input.readLine();
		System.out.print("Agama Anda : ");
		String agama = input.readLine();
		System.out.println(nama+" adalah seorang "+ kelamin +" bekerja sebagai "+job +" berstatus "+status +" beragama "+ agama);
		}
}

Selanjutnya simpan ja tu script dengan nama Keyboard.java terus kompile dan jalankan… Kayaknya sich mudah, tapi itu ane pelajari dari Bang Hendro kok. Terus ane kembangin aja dech.. 😀 Katanya sich, java.io itu dapat digunakan untuk menangani input output program. Jadi dapat kita kembangkan nantinya bukan hanya inputan dari KeyBoard. Ah… yang penting ane dah curahin keinginan ane buat mengingat masa lalu dech… selanjutnya Happy Coding with JAVA aja ya… 😀

4 comments on “Inputan Keyboard dengan JAVA

  1. Ping-balik: Inputan Keyboard dengan JAVA (Bagian 2) « Blog Biasa Pengen Jadi Luar Biasa

Tinggalkan Balasan

