MA MAZDA KARANGANYAR ROADSHOW AND STUDY TOUR

Seperti yang telah diagendakan sebelumnya, MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak (MA MAZDA Karanganyar) mengadakan Study Tour ke berbagai objek wisata baik objek wisata religi maupun objek wisata Iptek. Acara yang telah direncanakan akhirnya terealisasi pada tanggal 17 Desember 2008. Acara ini diselenggarakan untuk menumbuhkan minat belajar siswa sekaligus kembali belajar pada alam.

Acara yang telah dijadwalkan akan diberangkatkan pukul 06.00 WIB ini ternyata mengalami perubahan jadwal. Sehingga pada jam 07.15 WIB baru dapat diberangkatkan dari MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI baik IPA maupun IPS dengan didampingi beberapa guru pembimbing, diantaranya Bapak Kepala Madrasah (Drs. H. Abdul Aziz Anwar), Bapak Waka Kurikulum (Drs. Abdul Choliq), Bapak Waka Kesiswaan (Drs. Noor Yadi), Guru BK (Abdul Wachid, BA) dan beberapa guru pembimbing yang lain (Latif Rowi, S.Ag., Khomsun, S.Pd., Ariyanti, S.Pd., Abdul Karim HS, S.Pd.I., K. Zainuri, Kuswanto dan tak ketinggalan 🙂 Farazinux 🙂 atau M. Abdul Aziz).

makam-sunan-kalijaga1Objek pertama, tentunya adalah Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak. Selain untuk berdoa dan bermunajad serta bertawasul, para siswa juga mengadakan observasi terhadap beberapa aspek yang terkait dengan Makam Sunan Kalijaga. Diantaranya para siswa meneliti beberapa hal tentang pengaruh bidang budaya, sosial dan ekonomi akibat adanya makam Sunan Kalijaga. Tak ketinggalan juga para siswa mengambil air dari bejana yang ada di Makam Sunan Kalijaga. Ya… itung-itung ngalap barokah dari orang dekat dengan Allah. Kekhusu’an segenap rombongan dari MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak membawa hati seluruh siswa dan dewan guru untuk lebih tunduk dan hanya memuji asma Allah.

Selesai melakukan tahlil, doa dan tawassul di Makam Sunan Kalijaga. Para siswa melakukan observasi di lingkungan kompleks Makam Sunan Kalijaga. Beberapa hal yang diamati adalah makam-makam para kerabat Sunan Kalijaga. Selain itu para siswa melakukan observasi tentang dampak ekonomi Makam Sunan Kalijaga terhadap masyarakat sekitar. Diantaranya adalah toko-toko yang menjajakkan baik makanan maupun pakaian bahkan oleh-oleh dan cenderamata khas Kabupaten Demak. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah ekonomi masyarakat yang minim, menimbulkan banyaknya pengemis yang mencoba mengais rezeki dari pemberian para peziarah.

goa-keskendoSetelah ziarah ke Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak, rombongan bergegas menuju tempat wisata Gua Keskendo di Kabupaten Kendal. Tak seperti yang dibayangkan oleh beberapa siswa, ternyata perjalanan cukup menegangkan. Jalan sempit, bahkan jalan di pinggir jurang harus dilalui. Heeem tak cukup sampai disitu jalan di tengah rimbunnya hutan juga harus dilewati. Tapi akhirnya rasa penasaran yang begitu memenuhi dada terlampiaskan sudah ketika bus telah sampai di depan gapura objek wisata gua Keskendo. Tempat yang masih begitu alami ini terasa sejuk dan ingin rasanya untuk selalu mengucapkan takbir dan tahmid, tak henti-hentinya para pejuang pencari ilmu pengetahuan ini mengagungkan asma Allah karena terkagum-kagum melihat keindahan alam di sekitar gua Keskendo.

penelitian-di-goa-keskendoTernyata untuk melihat gua, tidak mudah. Para siswa dan Bapak Ibu guru harus berjuang menuruni anak tangga yang lumayan licin dengan penuh rasa kagum akan kebesaran Allah, Sang Pencipta segala yang ada. Setelah menuruni beberapa anak tangga akhirnya sampai juga di mulut gua Keskendo. Sudah seperti biasa, kesan pertama setelah kekaguman adalah hal yang tidak patut, ternyata seperti tempat-tempat sepi lainnya, ada juga muda-mudi yang dengan asyiknya bercengkrama :( Ya… mojok gitu…. :D

Setelah sampai di dalam gua, penelitian segera dilangsungkan. Penelitian terhadap ekosistem yang ada di dalam gua. Wah… ternyata sulit juga untuk meneliti biota yang ada di dalam gua. Karena keadaan gua yang lumayan gelap ditambah lagi penelitian yang seyogyanya mau dilakukan di terhadap biota dalam sungai yang ada di gua Keskendo ternyata sangat sulit dilakukan. Karena selain derasnya arus sungai, air sungai yang ada terlampau keruh. Banyak siswa yang menanyakan kenapa air dalam gua itu keruh. Mungkin keruhnya air dipengaruhi oleh erosi dalam gua selain itu kemungkinan adanya kandungan belerang dapat menyebabkan keruhnya air.

museum-ronggowarsitoPerjalanan dilanjutkan menuju ke Museum Ronggowarsito yang ada di Semarang. Di sini terdapat banyak sekali koleksi dari penjuru provinsi Jawa Tengah. Berbagai potensi ataupun penemuan yang ada di Jawa Tengah disimpan dalam museum ini. Di museum ini siswa mengamati berbagai objek, mulai dari peninggalan sejarah, budaya, sosial dan arkeologi bahkan alat kesenian tersimpan rapi di museum ini. Sayangnya waktu yang harus memisahkan dengan tempat yang sarat dengan ilmu pengetahuan itu. Hemm… mo ke tempat tujuan selanjutnya malah hujan turun mengguyur kota Semarang nich… jadi lagu lama keluar lagi dech … Semarang Kaline Banjir…. :)

lawang-sewuSelanjutnya adalah Lawang Sewu yang penuh dengan misteri. Tapi sayang… ternyata waktu gak memungkinkan untuk melakukan penjelajahan di Lawang Sewu. Selain waktu yang menjelang maghrib, Lawangsewu yang tanpa penerangan listrik ini terasa sangat angker dengan berbagai cerita yang sangat menyeramkan. Tapi ternyata rasa penasaran siswa harus disimpan dalam-dalam, semoga di hari nanti ada waktu untuk dapat melakukan observasi di obyek penuh misteri Lawang Sewu… Oce….

masjid-agung-jawa-tengah2Nah… menjelang maghrib rombongan telah sampai di Masjid Agung Jawa Tengah yang sangat megah ini. Keagungan Allah SWT teralun dalam kumandang Adzan pertanda Sholat Maghrib. Kagum dan takjub membuat kekhsuyu’an para jamaah Masjid Agung Jawa Tengah semakin bertambah. Indahnya arsitektur yang ada di Masjid ini mempesona para jamaah yang datang ke sana. Terdapat kompleks Masjid Agung Jawa Tengah, sebuah menara yang tingginya 99 m. Dari menara ini dapat dilihat penjuru kota Semarang seperti Laut Jawa dan gunung Ungaran. Dari tempat ini juga sering dilakukan rukyah untuk penentuan tanggal Hijriyah.

masjid-agung-jawa-tengahSelesai melaksanakan sholat Maghrib, para siswa dan guru berkumpul bersama untuk membahas kegiatan yang telah dilaksanakan dari sejak pagi hingga malam hari itu. Berbagai refleksi disampaikan oleh para guru dan siswa. Kunjungan ke Masjid Agung Jawa Tengah ini telah menambah keimanan di antara kita semua.

Semoga perjalanan yang telah dilaksanakan ini dapat menambah khazanah wawasan kita semua. Amin…. Ya… sementara itu dulu yang dapat saya tulis dech… dah agak capek nich… 😀

Iklan

One comment on “MA MAZDA KARANGANYAR ROADSHOW AND STUDY TOUR

  1. Ping-balik: Makam Sunan Kalijaga « Wisata Demak – Wisata Kota Wali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s