Valentine Dalam Pandangan Islam

bunga3Sungguh dahsyat … mencengangkan…. Gue searching dengan kata Valentine di mbah Google terdapat 222.000.000 hasil pencarian. Hal ini berarti dah banyak buanget yang menyebutkan tentang Valentine. Jadi, gue kagak bakalan deh ikut-ikutan jelasin apa itu Valentine sejarahnya maupun kronologi kejadiannya. Tapi kalau ada yang penasaran tentang sejarahnya dan bagaimana efek sampingnya terhadap Valentine dapat di baca di sini.

Nah, mungkin hal-hal di bawah merupakan beberapa tujuan dengan adanya kampanye Valentine yang begitu menggelegar.

  • Ritual yang bersumber dari Kristen yang dikukuhkan oleh Paus Galasius untuk mengenang orang suci Kristen yaitu Santo Valentine dan Santo Marius.
  • Ritual orang-orang Romawi kuno yang pagan (penyembah berhala) untuk memperingati dewi Juno yaitu ratu dari segala dewa-dewi bagi perempuan dan perkawinan ( dewi cinta).
  • Ritual bangsa Eropa pada abad pertengahan untuk mencari jodoh.
  • Media Barat untuk mengkokohkan cengkraman peradaban Barat.

 

Begitu salah kaprahnya kita mengertikan Falentine dalam peri kehidupan kita sebagai umat muslim. Sering kagak tahu apa-apa kita cuma ikut-ikut belaka. Tapi bagaimana hukumnya ya?

Kalau masalah hukum, dari sisi ikut-ikutan tanpa tahu dasar juga sudah dilarang (Taqlid) apalagi ditambah dengan kegiatannya yang sering kagak bener. Sering kegiatannya hanya mengumbar nafsu, melampiaskan hal-hal yang tidak perlu. Kayaknya sich tidak perlu ditolelir lagi. Pihak sekolah terutama madrasah berbasis Islam perlu memberikan keterangan dengan tegas tentang hakikat hari Valentine yang sering diagung-agungkan anak muda itu.

Hari yang dikemas dengan kedok kasih sayang, hari yang dikemas dengan kedok Cinta hari yang dikemas dengan kedok happy for youngs. Ach…. itu semua kan omong kosong 😛

Ya… semoga kita dapat menjaga kita dari hal-hal yang gak bener. Kalau pun kita sebagai manusia biasa mempunyai rasa kasih sayang dan cinta terhadap lawan jenis. Berikanlah kasih dan sayang kita itu dengan baik. Bukan dengan saling berpelukan, kita berikan kasih dan sayang kita untuk hal-hal fisik setelah terjalin hubungan nikah. Berikanlah kasih dan sayang sebelum menikah dengan perhatian, rasa saling menyayangi, rasa saling tolong menolong dalam hal kebaikan, dan saling mengingatkan. Berikanlah kasih dan sayang kita dengan ketulusan hati bukan untuk mengambil inventaris pribadinya 😀

Thanks for your attention happy posting again …. 😀

Iklan

One comment on “Valentine Dalam Pandangan Islam

  1. salam kenal bung..

    Bagiku en seluruh keluargaku valentine day cukup dilihat, didengar dan abaikan..
    jelas jelas haram dan banyak mudharatnya..Islam emang gak pernah ngajarin hal-hal yang berbau kasih sayang pake peluk cium segala, jingkrak2 dipesta..masyaAllah..kaga deh..itulah, kita hidup dibumi Indonesia yang hampir semua (terutama ABG, sekularisme,islam modern) selalu membanggakan ‘hari kasih sayang’..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s