Install NetBeans IDE 6.5 di OpenSuse 11.1

opensusenetbeansNetBeans IDE merupakan IDE favourite saya saat ini. Keren abizz pokoknya. Udah gratis (Free), bisa di download gratis dan powerfull. Bisa dijalankan di Windows, Solaris, MacOS maupun Linux. Pokoknya mantab dech…. gue saranin pada yang baca tulisan ini untuk segera mendownload NetBeans IDE segera …. mumpung masih gratizzz…. 😀 Kalo netbeans versi full dapat di download di www.netbeans.org. Akan tetapi aku lebih tertarik dengan NetBeans versi ML soalnya cukup satu paket udah bisa pakai dengan mudah tuch. Walau banyak pluginnya yang belum tersedia di versi ML ini. Tapi setidaknya dengan akses internet pas-pasan ini udah dapat menikmatinya dengan cepat. 😀 Nah, yang ane maksud pada tutorial kali ini adalah Instalasi NetBeans IDE 6.5 versi ML di OpenSuse 11.1 yang dapat di download di sini.

Nah, kalau udah download silahkan bukan Konsole (atau terminal lainnya yang lagi jadi favourite lhu, soalnya aku suka pake Konsole :D) kemudian ketikkan perintah (Jangan lupa posisikan pada directory di mana menyimpan file Netbeans ML ini) :

sh jdk-6u11-nb-6_5-linux-ml.sh 

Maka akan terjadi proses seperti gambar berikut :

install-netbeans11

Selanjutnya tinggal ikuti seperti gambar di bawah ini :
install-netbeans2

Kemudian click next aja terus muncul dech yang kayak gini :
install-netbeans3

Nah, jangan lupa tuch beri tanda checkmark tanda setuju dengan lisensinya. Oke… selanjutnya seperti biasa click next – >
install-netbeans4

Nah, tentukan lokasi JDK nya, jangan ubah, click aja next – >
install-netbeans5

Setelah menentukan lokasi instalasi netbeans dan JDK nya terus next aja oce brooo …. kemudian click Install terus next aja terus sambil di baca … 😀 sampai pada akhirnya menemukan finish. Dan selamat merasakan indahnya bercengkrama dengan Netbeans.

Iklan

One comment on “Install NetBeans IDE 6.5 di OpenSuse 11.1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s