Postingan ke-100 Pertempuran Sistem Operasi (Linux, Windows, MacOS, SunSolaris, FreeBSD)

windows-vs-linuxBerbagai sistem operasi komputer berlomba, bahkan bertanding untuk mempertontonkan keunggulan masing-masing. Berbagai vitur ditunjukkan untuk meraih simpati dari calon penggunanya. Wow…. Windows sebagai maharaja di kalangan pengguna komputer di Indonesia ternyata kini kedatangan berbagai rival & partner yang mulai unjuk gigi. Linux yang membawa bendera GNU dengan lambang Pinguin yang mengisyaratkan kebersamaan dalam kelompok merupakan pesaing berat bagi Microsoft (Windows) di masa mendatang. Semangat itu pertama kali dikobarkan oleh Linus Torvold seorang mahasiswa dari Helsinky – Finlandia yang mencoba membuat terobosan baru di bidang sistem operasi komputer. Sejak awal dia memang sangat suka dengan rekayasa sistem operasi. Dari uji cobanya mengotak atik sistem operasi Unix yang kemudian dapat mengembangkan sistem operasi baru (berwujud Kernel) yang sekarang lebih dikenal dengan LINUX. Sungguh membanggakan mahasiswa ini, entah kapan aku bisa menirunya, bisa berguna bagi orang banyak …. Bisa semangat belajar dech… pokoknya … kalau baca biografinya…! 😀

win_vs_macmac-vs-linux-vs-win-customWindows yang merupakan sistem operasi paling favourite juga menghadapi pesaing dari Apple MacOS yang terkenal dengan keindahan desktopnya. Mungkin Microsoft harus mencari jalan lain untuk menyelamatkan diri dari serangan ini. Apalagi ditambah dengan UU HAKI yang di sisi lain membuat kalangan pengguna komputer (dengan software bajakan) di Indonesia mulai khawatir menggunakan Windows tidak resmi (bajakan) karena takut komputernya di garuk yang berwajib 😦 MacOS yang harganya relatif lebih murah dengan kompabilitas dan keindahan desktop yang cukup menawan mungkin akan menjadi salah satu alternatif yang cukup menggiurkan bagi kalangan pengguna komputer. Apalagi sekarang ini banyak juga vendor hardware komputer (Laptop dan Notebook) secara default menggunakan sistem operasi MacOS dan Linux di Laptop tersebut.


bsd-windows-linux bsd-vs-linuxFreeBSD juga tidak mau ketinggalan, dengan kegigihan dan keuletan para teamnya berusaha ikut merambah pasar di Indonesia. Walaupun tampilan dari FreeBSD yang masih gitu-gitu aja (Nggak terlalu keren) tapi kehandalan dan ketahanannya serta kerja kerasnya (Tidak Crash atau Hang walau dihidupkan 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 30 hari sebulan) Hebat kan…? Untuk kalangan komputer server mungkin akan lebih melirik sistem operasi ini dari pada harus beli mahal-mahal Windows Server 2003. 😀 FreeBSD selain kawan Linux juga merupakan pesaing dari Linux, soalnya ketahanannya mirip seulet Linux 😀


Sun Microsystem, juga telah mulai merambah dengan mengeluarkan produk barunya yang gratisan OpenSolaris menjadi salah satu andalan dari Sun Microsystem. Apalagi ditambah dengan program Development Kids yang membagi-bagikan produk Sun (termasuk sistem operasi Solaris, Java, Netbeans) secara gratis ke kalangan pengguna komputer. Cukup membanggakan vendor yang satu ini.


linux_vs_xpLinux menjadi peringkat ke-2 dari jajaran pemakai sistem operasi komputer di indonesia. Banyaknya perkumpulan pengguna Linux (KPLI) di tanah air menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengguna Linux di Indonesia. Ditambah lagi banyaknya pilihan distro yang dapat dicustom sesuai dengan keinginan para penggunanya. Ketahanan virus terhadap serangan virus dan malware yang lain menjanjikan keamanan (securitas) yang dapat menarik lebih banyak lagi konsumennya.


linux-vs-microsoftPada akhirnya, kesimpulan saya adalah pertempuran di antara sistem operasi ini menjadikan kita lebih terdidik dan selektif dalam memilah dan memilih mana yang cocok untuk kita. Akan tetapi ada baiknya, kalau kita dapat saling berbagi, kita dapat saling bekerja sama untuk mewujudkan ketahanan dan kenyamanan dalam menggunakan komputer. Yaa… gak? 😀 Tujuan utama kita menggunakan komputer adalah untuk membantu pekerjaan/ aktivitas kita. So… nggak ada salahnya kalau dalam satu komputer kita, terpasang berbagai macam sistem operasi. 😀


Puass deh sekarang, soalnya ini adalah posting ke-100 gue! Dari kemarin pengen postingan ke-100 ini menayangkan berbagai sistem operasi dari kesayangan (Linux), Solaris, Windows dan lain-lainnya. Tapi di sini saya berusaha seobyektif mungkin dalam menulis. Terima kasih telah membaca postingan ke-100 saya. Selamat jalan… Semoga postingan yang akan datang lebih bermanfaat, lebih banyak peminat… 😀

13 comments on “Postingan ke-100 Pertempuran Sistem Operasi (Linux, Windows, MacOS, SunSolaris, FreeBSD)

    • maafkan aku kawan tadi malam aku malah kedarung masukin instalasi pacar baru gue lagi, kapan2 kita berjumpa lagi di dunia maya. Tapi gimana felicia gue sip kan?

  1. wahhh…. hebat tuh..

    tapi kayaknya windos tetep exsis deh, cz gua pernah coba linux live usb dari segi tampilan kalah jauh dari windows, ditambah lagi khan mayoritas masyarakat indonesia (eh huruf i-nya besar tuh) kebanyakan menggunakan Windows (meskipun bajakan seperti yang saya pake) otomatis semua aplikasi seperti office sampai game digunakan untuk windows, dan klo mau make Linuk toh harus download lagi…..

    yang lebih parah, hampir 98% instansi2 seperti kantor, sekolah dan pengguna rumahan banyak menggunakan Windows, so kalo mau ke Linux harus belajar tentunya dan itu memakan waktu…

    yah mungkin dominasi linux akan masih lama jadi perlu kerja keras dari buildernya, eh Linux kan open source, jadi kita sendiri bisa ngembangkan Linux versi kita sendiri…

    yah saya do’akan saja semoga teknologi dunia tak kalah dengan makhluk angkasa, terutapa dlm duni IT, untuk Linux saya udah baca2 artikel tntang Linux Juga pertempurannya dengan OS lain, saya kira Linux besar peluangnya untuk merajasi Sistem Operasi karena sebenarnya bannnnnyak sekai keunggulannya,

    thankzz….

    • Siip… tapi kalau Live USB nya Linux tampilannya kan udah OK banget pak…. coba aja pake SABILY Live USB pasti ketagihan makenya… 😀 Mungkin yang sampai saat ini saya masih heran adalah kesungguhan pemerintah, terutama DIKNAS yang notabene telah memberikan peluang untuk belajar komputer sejak dini dengan pelajaran TIK, tetapi masih aja guru-gurunya tidak dibekali dengan dunia OpenSource, bahkan soal-soal ulangan dari dinas masih aja bertumpu pada Windows. Hemm… 😦

      Pokoknya mari kita berjuang melawan pembajakan dengan menggunakan software legal OpenSource..

      • Udah ada BSE TIK yang open source untuk SMP dan SMA dan yang sederajad.
        Cuma masalahnya, guru-gurunya niy… 😕

  2. Kayaknya Azis sudah bosen pake Windows yang ‘rewel banyak maunya’ ini. Dan ngajak yang baca postingan beralih ke Linux. Lagian gambarnya disini kok banyak yang provokatif sama windowsnya Microsoft ? Linux bagus, tapi aku masih suka windows. LINUX+OS yang lain VS Microsoft Windows ? BIAR FAKTA YANG BUKTIKAN !!!! Semua tergantung konsumen paling banyak milih yang mana !

  3. Hari gini masih pake windows…?
    Ada 2 kreteria pengguna windows (khususnya di Indonesia):
    1. Suka barang ilegal (software bajakan)
    2. Kebanyakan duit
    3. …?
    4. …?
    …..?

  4. wes,situs ne keren benget……
    gue brharap linux…bnyak di minati di indonesia deh…soal nya SO linux keren banget….

  5. Toshiba gw isinya Vista original secara default.
    Tapi gw back up ke DVD sbg recovery tuh dan makek Ubuntu sbg single OS di laptop gw, aman2 aja dan enjoy bgt 😀

    Kenapa gw nekad membuang si Vista dan full makek linux?
    1.) Klo gw makek Vista, gw kudu makek ms office asli (mahal) atau bajakan (dosa).
    2.) Gw ga mau repot2 makek antivirus, meski gratisan sekalipun.
    3.) Di linux stabil, open source, bisa diutak atik, dikembangkan secara bebas.
    4.) Gampang tuh makeknya 😀
    5.) Hardware gw di laptop disupport semua tuh ama Ubuntu yg gw pakek.
    6.) Komunitas banyak dan gampang untuk bertanya maupun sharing, termasuk juga manual, tips, dokumentasi, semuanya gratis 🙂
    7.) Pilihan aplikasinya beragam dan smeuanya free and open source (free itu tidak selalu gratis yah, bisa berarti merdeka atas code di dlmnya).
    8.) Tampilan compiz, desktop effect, dll? Keren. Windows 7 sekalipun masih kalah 😀

    Itu aja. 😀

Tinggalkan Balasan

