Instalasi LAMP di Felicia (Sang Pacar Baru Gue…!)

LAMP (Linux Apache MySql dan PHP) merupakan kombinasi yang sangat cantik untuk pemrograman berbasis Web. Kehandalan Linux dalam dunia jaringan, kuatnya Apache sebagai server, mantabnya MySql sebagai database dan cantiknya PHP sebagai bahasa pemrograman berbasis web sangat tidak diragukan lagi. Pokoknya keren abis dech kombinasi empat kolaborasi ini sangat menjanjikan kehandalan dan kenyamanan dalam mengembangkan pemrograman berbasis web.

Lalu bagaimana caranya biar ketiga hal ini bisa terpasang dengan baik? Nah… ada satu solusi yang cukup mantab, perhatikan saja tulisan ini sampai selesai. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pertama, download lebih dulu paket software LAMP. Pada contoh kali ini yang diapakai adalah paket software LAMP yang dibuat oleh BitNami bernama BitNami LAMP Stack. Anda bisa mendownloadnya dari situs http://www.bitnami.org/stacks/

  2. Kebetulan penulis mendownload BitNami LAMP Stack vesi 1.11 dan nama filenya adalah bitnami-lampstack-1.1.1-linux-installer.bin (berbentuk binary file jadi bisa di-install di semua distro GNU/Linux).

  3. Langkah pertama adalah membuka Terminal/Konsole. Ketikkan su (super user, untuk masuk sebagai root) lalu tekan enter dan masukkan password root.

  4. Masuk ke direktori tempat Anda menyimpan installer yang sudah Anda download tadi. Kalau Anda meng-install di folder /home/nama-user/Download ketikkan aja ”cd home/nama-user/Download” (tanpa tAnda petik).

  5. Ketikkan ls (huruf L dan S) atau dir untuk melihat isi folder. Lalu untuk merubah hak akses dari file installer tadi, ketikkan ”chmod 777 bitnami-lampstack-1.1.1-linux-installer.bin” (tanpa tAnda petik) diakhiri Enter.

  6. Setelah itu ketikkan ”./bitnami-lampstack-1.1.1-linux-installer.bin” (tanpa tAnda petik) diakhiri Enter.

  7. Tunggu beberapa saat, akan muncul window instalasi. Cukup klik Forward untuk melanjutkan proses instalasi.

  8. Tentukan dimana Anda ingin meletakkan file-file LAMP kalau ingin meng-install-nya di /opt cukup klik Forward untuk melanjutkan.

  9. Ketikkan password untuk database MySQL (ser default adalah root) dan Anda bisa menambahkan user lainnya nanti setelah proses instalasi selesai.

  10. Langkah berikutnya adalah membuat password untuk menggunakan PMA (PHPMyAdmin) sebuah software yang powerfull untuk mengelola database MySQL berbasis web. User name-nya adalah administrator.

  11. Semuanya sudah siap dan tinggal menunggu perintah Anda untuk memulai instalasi.

  12. Klik Forward dan proses instalasi pun akan segera berjalan.

  13. Pada akhir proses instalasi akan berjalan agak lama karena installer akan melakukan inisialisasi Database MySQL.

  14. Kalau instalasi berjalan dengan sukses maka Anda akan dihadapkan pada window terakhir. Klik Forward untuk mulai menggunakan LAMP.

  15. Buka browser kesukaan Anda (Mozilla Firefox, Opera, Konqueror, Epiphany, Sea Monkey atau yang lain) dan ketikkan 127.0.0.1 atau localhost lalu tekan Enter. Anda akan dibawa ke halaman awal LAMP (kalau browser tak mau menampilkan halaman awal maka tambahkan port default 8080 setelah localhost sehingga menjadi localhost:8080 baru tekan Enter).

  16. Saatnya mencoba aplikasi yang lain ketikkan localhost/phpmyadmin (atau localhost:8080/phpmyadmin) untuk mengakses database MySQL melalui web browser. Masukkan user name administrator dan password yang sudah Anda masukkan ketika proses instalasi tadi.

  17. Tampilan awal PHPMyAdmin akan segera nampak di browser Anda.

  18. Untuk menghentikan (stop) web server Apache dan DBMS MySQL maka Anda bisa melakukannya dari Terminal/Konsole. Ketikkan cd lokasi dimana Anda meng-install LAMP misalnya ”cd /opt/lampstack-1.1.1” (tanpa tAnda petik). Kemudian ketikkan ”./ctlscript.sh stop mysql” untuk menghentikan MySQL dan ketikkan ”./ctlscript.sh stop apache” untuk menghentikan Apache.

  19. Untuk memulai Apache dan MySQL cukup ganti ”stop” pada langkah 18 menjadi start. Jadi untuk memulai Apache ketikkan ”./ctlscript.sh start apache” dan untuk memulai MySQL cukup ketikkan ”./ctlscript.sh start apache”.

  20. Kalau Anda hanya ingin coding dengan PHP maka cukup aktifkan Apache saja. Tapi kalau Anda ingin menggunakan MySQL maka Anda harus mengaktifkan kedua-duanya (Apache dan MySQL).
  21. Anda bisa menempatkan website Anda di /folder-instalasi-LAMP/apache2/htdocs

  22. Secara default di folder htdocs telah ada index.html dan ketika Anda menambahkan folder website Anda di sana maka kalau diakses lewat browser yang nampak hanyalah index.html milik LAMP. Supaya website Anda bisa langsung diakses maka rename aja index.html menjadi nama lain misalnya 0_index.html atau sekalian dihapus juga tidak masalah. Kalau Anda me-rename index.html maka ketika Anda mengetikkan localhost yang tampil hanyalah folder dan beberapa file yang ada di htdocs.

  23. Sekarang Anda bisa mulai membuat website. Buat folder baru di htdocs (misalnya folder bernama ”coba”) lalu akses localhost.

Iklan

One comment on “Instalasi LAMP di Felicia (Sang Pacar Baru Gue…!)

  1. assalamualaikum dulu ah…
    anu bos, aku ada pr yang gak jelas, mohon bantuannya ya!!
    ribet kalo jelasinnya, mending liat di blognya aku…
    tepatnya di postingan yang judulnya “tugas buat gw??? enggak salah apa!!”
    klo ora gelem, ra popo kok….
    matur nuwon…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s