Aplikasi Konversi Suhu OpenSource Berbasis JAVA

Panas, hujan, mendung, dingin, wah… kayaknya cuaca di negeri kita Indonesia makin gak menentu nich. Panas… tiba-tiba mendung datang dengan cepat, angin ribut pun menyongsong dengan kencang. Wah… hujan deras … Mungkin gara-gara dunia udah nggak beres nich… Ancaman global warming juga turut menghantui. Produksi pertanian juga terpengaruh dengan cuaca kayaknya mulai aneh.

konversi-suhu

Eh.. kok malah ngelantur …. nich gara-gara cuaca yang berubah-ubah, suhu yang gak menentu, makannya gue berencana buat aplikasi berbasis java yang dapat mengkonversi suhu dari berbagai tipe suhu (Celcius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin). Emang sih udah banyak banget yang bikin kayak gini, tapi ini simple, dapat dijalankan di berbagai sistem operasi mulai dari Linux, Windows, MacOS, Solaris dan lain-lain yang mendukung Java tentunya. Nah untuk sekedar coba-coba dan kembangin silahkan unduh di http://temperatureconverter.googlecode.com/files/KonversiSuhu.zip

Untuk sourcecodenya intinya pada bagian ini :

    private void konversi(){
    suhu = Double.parseDouble(txtSuhu.getText());

       if (rdCelcius.isSelected()){
           txtCelcius.setText("" + suhu*1);
           txtReamur.setText("" + suhu*4/5);
           txtFahrenheit.setText(""+ (suhu*9/5+32));
           txtKelvin.setText("" + (suhu + 272));

       } else if (rdReamur.isSelected()){
           txtCelcius.setText("" + suhu*5/4);
           txtReamur.setText("" + suhu*1);
           txtFahrenheit.setText(""+ (suhu*9/4+32));
           txtKelvin.setText("" + (suhu * 5/4 + 272));
       } else if (rdFahrenheit.isSelected()){
           Double fk = ((suhu-32)*5/9);
           txtCelcius.setText("" + (suhu-32)*5/9);
           txtReamur.setText("" + (suhu-32)*4/9);
           txtFahrenheit.setText(""+ (suhu));
           txtKelvin.setText("" + (fk+272));
       } else if (rdKelvin.isSelected()){
           txtCelcius.setText("" + (suhu-272));
           txtReamur.setText("" + (suhu-272)*4/5);
           txtFahrenheit.setText(""+ (suhu-272)*9/5);
           txtKelvin.setText("" + (suhu));
       }
    }

Iklan

13 comments on “Aplikasi Konversi Suhu OpenSource Berbasis JAVA

  1. kalao mau nambahin tombol delete supaya hasil nya nanti kalau di klik tombol delete bisa terhapus semua gimana caranya plissss…………beritahu sebelum tgl 6 jan 2010…thx bgt.sukses selalu amin……

    • tinggal tambahkan aja tombol delete… terus berikan aksi pada tombol itu dengan sintax misalnya :

      txtCelcius.setText("");
      txtReamur.setText("");
      txtFahrenheit.setText("");
      txtKelvin.setText("");
      

      Oce… met berjuang broo….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s