Software Apa yang Nyaman Untuk UML..?

UML saat ini lagi ngetren digunakan untuk analisa maupun rekayasa perangkat lunak. Cara pandangnya yang berorientasi objek menjadikan UML sebagai sebuah permodelan sistem yang sesuai dengan era pemrograman komputer saat ini. UML memberikan kemudahan dalam melakukan analisa suatu sistem, selain itu kemudahannya untuk dimengerti oleh kalangan yang belum mengenal analisa dan perancangan sistem juga menjadikan UML sebagai sebuah terobosan baru. Cara pandangnya yang tidak harus pakem seperti pada permodelan pemrograman terstruktur menjadikan UML turut lebih diminati.

Berbagai pengembang software berlomba membuat sebuah tool yang dapat merancang permodelan sistem dengan UML. Dari yang bersifat gratis sampai yang harus membayar segudang rupiah telah ada menanti kita. So, seperti biasa tinggal kita sendiri yang menentukan software mana yang mau kita jadikan tool favourite untuk UML. Dari beberapa software untuk melakukan permodelan diantaranya adalah :

Relational Rose
Mungkin tool ini yang sangat sering kita dengan sebagai software untuk perancangan dengan model UML. Ehm…. mungkin karena kemudahannya dan berjalan di Microsoft Windows sehingga tool ini menjadi favourite. Relational Rose telah memiliki banyak sekali fitur untuk permodelan UML yang terkandang malah membingungkan pengguna. Hal yang mungkin kurang saya gemari adalah Relational Rose memberikan patokan runtutan dalam menganalisa. Eh… jadi paten dech… nggak bisa ngembangin kreatifitas.

With Class
Walaupun namanya tidak sepopuler Relational Rose namun With Class juga merupakan software permodelan UML yang menarik. Lagi-lagi software ini juga harus merogoh kocek agak dalam. Namun, bagi yang hanya ingin mencoba With Class menyediakan versi Trial. 😀 Lumayan kalau jatah analisa kita 1 bulan kan pas…! 🙂

UML Plugin di NetBeans IDE
Seperti biasa NetBeans IDE yang didukung oleh Sun Microsystem mempunyai banyak sekali plugin, yang termasuk diantaranya adalah UML Plugin. Emmmmm… bagus sich, tapi berat banget loadingnya…. apalagi kalau dipasang pada komputer pas-pasan … minta ampun dech… Tapi lumayan powerfull karena selain include dengan NetBeans yang so pasti dekat dengan JAVA.

DIA
Nah, kalau ini biasanya jalan di sistem operasi LINUX. DIA merupakan software untuk menggambar diagram. Walaupun bukan spesialis UML, tetapi DIA telah menyediakan plugin UML yang dapat kita gunakan free. Apalagi runningnya yang tergolong ringan patut untuk kita perhitungkan sebagai tool permodelan dengan UML.

Umbrello
Nah, kalau ini spesialis UML di sistem operasi LINUX. Selain ringan dalam pemakaian, Umbrello juga lengkap untuk membuat permodelan diagram-diagram UML. Em… walaupun belum selengkap Relational Rose, namun Umbrello dapat menjadi pilihan yang tepat. Apalagi kita ndak lagi dikekang harus dengan metode seperti apa dalam merancang sebuah sistem. 😀

Iklan

One comment on “Software Apa yang Nyaman Untuk UML..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s