NETWORKING (JARINGAN) LINUX – WINDOWS

Linux sudah tidak diragukan lagi kemampuannya di dunia jaringan komputer (Computer Networking). Tapi.. masih banyak juga yang butuh windows sebagai interface yang lebih user friendly (karena orang sini masih suka dengan tampilan windows). Trus gimana dong biar networking dapat berjalan lacar dari Linux ke Windows dan sebaliknya?

Tulisan ini ditulis berdasarkan distribusi Linux Sabily (Keturunan dari Ubuntu LINUX Jaunty). Langkah pertama seperti biasanya yaitu setting Jaringan. Untuk setting jaringan dapat melalui menu System –> Preferences –> Network Connections. Perhatikanlah gambar di bawah ini.
Pengaturan Jaringan

Selanjutnya tinggal kebutuhan kita, jika kita menggunakan jaringan tanpa kabel maka kita pilih tab wireless kalau kita menggunakan jaringan dengan kabel (misalnya pake UTP) maka kita pilih bagian tab wired, dan seterusnya. Maka pilih tombol New untuk menambahkan koneksi baru, sedangkan kalau kita ingin mengedit koneksi yang telah tersedia, maka kita pilih edit. Selanjutnya akan muncul sebagai berikut :
Atur IP Address

Dari IpV4 Settings kita dapat menentukan ip kita. Hal ini penting, karena dengan setting IP yang tepat maka network kita akan berjalan dengan baik lancar dan aman. 😀 Selanjutnya … ntar aja ya… mo istirahat siang… kalau ada pertanyaan dan sebagainya… sumonggo…!! Kita lanjutkan postingan ini di lain waktu… !!! 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s