Menjadikan TIK Sebagai Pelajaran Favorit

Salah satu tugas seorang guru bagi saya adalah menjadikan siswa tertarik pada pelajaran yang kita ajarkan. Hal ini merupakan hal yang sangat penting, karena dengan siswa itu tertarik dan berminat dengan pelajaran yang kita ampu, maka siswa akan gembira saat belajar. Nah, ini menurut saya merupakan pondasi utama sebelum pembelajaran dimulai. Siswa akan merasa senang jika pelajaran yang akan dipelajarinya menarik dan akan berlaku sebaliknya, siswa akan merasa bosan, bahkan malas untuk mengikutinya jika pelajaran itu dalam benaknya merupakan pelajaran yang kurang menarik bahkan tidak menarik.

Banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai seorang guru untuk menjadikan pelajaran yang kita ampu sebagai pelajaran yang menyenangkan. Tinggal bagaimana kreatifitas kita dalam menyelami keinginan siswa. Tentunya hal ini tidak dapat saya patenkan harus berbuat begini, harus berbuat begitu, karena selain kendala sosial masyarakat yang berbeda tentunya kita juga terkendala dengan perangkat pembelajaran yang kita miliki. Yang penting kita sebagai seorang guru harus mampu menyelami diri siswa kita agar kita dapat menyatu dengan mereka. Bahkan, kalau perlu kita menjadikan mereka sebagai teman, bukan sekedar anak didik. Karena menurut pandangan saya, siswa akan merasa gembira bila gurunya mau menyatu dengan mereka, dan tidak terlalu jaim (jaga image). 😀

Nah, untuk pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang sekarang ini merupakan pelajaran baru. Tentunya kita sebagai guru pelajaran yang notabene merupakan pelajaran yang membutuhkan banyak sekali perangkat untuk membantu pengajaran memang harus pandai-pandai memberikan gambaran kepada siswa jika pelajaran ini walaupun baru tetapi merupakan pelajaran yang usefull. Menjadikan pelajaran yang menarik, menjadikan praktikum untuk pelajaran ini merupakan praktikum yang menyenangkan, bukan praktikum yang membingungkan. Bahkan kalau perlu kita motifasi bahwa pelajaran ini dapat membantu mempermudah dalam mempelajari pelajaran yang lainnya. 😀

Di tingkat SLTA mungkin guru masih harus menjadi central bagi kegiatan belajar mengajar. Harus kita akui bahwa anak usia SLTA kita masih 70% bahkan lebih tergantung dengan gurunya. Mereka belum mampu belajar mandiri secara optimal. Nah, untuk itu kita sebagai gurunya harus mampu memberikan wawasan, gambaran dan arahan untuk mereka agar mereka mampu menghayati pelajaran yang kita ajarkan dengan penuh antusias.

Antusias mereka akan tercapai kalau kita mampu memberikan suasana yang menyenangkan bagi mereka, bukan suasana yang seram. Dari berbagai inovasi yang telah saya lakukan, ternyata pembelajaran dengan mengedepankan perasaan ceria, praktikum yang inovatif dengan berbagai contoh yang menarik, ternyata dapat memotivasi siswa sehingga dengan senang hati mereka akan selalu ingin pelajaran ini, bahkan di kala liburan pengen masuk 😀 PR (Pekerjaan Rumah) yang seringkali dikeluhkan malah menjadi makanan favorit bagi mereka.

Mungkin sebagian dari para guru berfikir, “mereka senang kan karena komputernya”. Hal ini memang tidak salah, tetapi tidak mutlak 100%. Selengkap apapun perangkat pembelajaran yang kita miliki, tetapi jika kita tidak dapat mengelola pembelajaran itu dengan tepat maka hasilnya pun akan mengecewakan. Saya meyakini bahwa pembelajaran baik teori maupun praktik akan menyenangkan bila kita sebagai guru mampu berfikir inovatif untuk membawa alam imajinasi siswa kepada sebuah hal yang menyenangkan. Jadi tak ada salahnya bagi kita guru, terutama yang mengampu mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di berbagai jenjang pendidikan untuk berusaha sekuat mungkin demi tercapainya masyarakat yang melek IPTEK. Semoga maju bangsa kita, semoga maju terus usaha kita dalam turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Curahan hati guru TIK MA MAZDA Karanganyar Demak

Iklan

2 comments on “Menjadikan TIK Sebagai Pelajaran Favorit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s