Bacalah…. Tulislah….

Berapa banyakkah bacaan yang telah kita baca hari ini? Berapa buku yang pernah kita baca? Em…. kita bisa lupa karena saking banyaknya buku yang telah kita baca, atau kita lupa karena telah lama tidak membaca. Berapa puluh buku ada di kamar kita. Berapa lembar manuskrip yang ada di kamar kita. Berapa puluh e-book yang ada di komputer kita? Tapi ironis, semua itu hanya menjadi koleksi. Ironis semua itu hanya menjadi pajangan. Ironis semua itu hanya untuk menunjukkan kita gemar membaca. Padahal kita lupa bahwa buku-buku yang ada di sekitar kita mungkin merintih karena tak pernah kita pegang, apalagi kita baca. 😦

Mungkin kita juga lupa, bahwa Al-Qur’an telah memberikan petunjuk, bahkan di awal diturunkannya Al-Qur’an telah mengisyaratkan kepada kita untuk MEMBACA. Membaca segala sesuatu yang ada di alam ini. Baik yang tersurat maupun tersirat akan memberikan pengalaman dan pengetahuan bagi kita. Apalagi buku yang jelas-jelas akan banyak memberikan mafaat bagi kita untuk lebih mengetahui perihal yang dibahas dalam buku itu… Ayooo semangat membaca lagi….

Nah, setelah membaca lebih baiknya adalah menulis ringkasan yang telah kita baca. Emmm… selain untuk mengukur pemahaman kita tentang hal-hal yang telah kita baca, kita menulis telah melakukan kebajikan, diantaranya adalah memanfaatkan otak kita, memberikan pengetahuan kepada orang lain karena dengan tulisan kita orang lain juga akan memperoleh manfaat, dan kita akan berkembang.

Okelah kalau begitu…. marilah kita budayakan kegemaran kita sewaktu masih SD dulu… membaca… menulis ….

Iklan
By farazinux Posted in Iseng Dengan kaitkata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s