Cara Gampang Bikin Aplikasi CRUD

Kalau kemarin telah saya posting tentang cara gampang koneksi database dengan java netbeans, nah… sekarang mari kita coba implementasikan pada Swing Application. Maaf kali ini tidak menggunakan metode-metode yang rumit, langsung aja to the point… hehehe… Konsepnya adalah menyimpan langsung dari view ke database, menghapus database langsung berdasarkan key yang ada pada vienya, demikian pula pada metode editnya. Walaupun kodenya akan menumpuk, tetapi ndak terlalu panjang kok… hehehe… Tinggal kita sendiri bagaimana menyimpulkan mau yang pake metode MVC, metode obok-obok kayak gini, atau pake framework yang keren. Semua terserah anda…. Nah, mari kita buat designnya dulu… Sebagai contoh buatlah design form seperti gambar di bawah ini.

Nah, setelah itu sesuaikanlah variable name nya sesuai dengan kode di bawah ini. (Kode di bawah ini adalah kode untuk JButton New. Atau script yang dipanggil ketika form dipanggil.

    private void Baru() {
        btnSave.setText("Save");
        Date date = new Date();
        SimpleDateFormat formatHari = new SimpleDateFormat("dd");
        txtTanggal.setText("" + formatHari.format(date));
        SimpleDateFormat formatBulan = new SimpleDateFormat("MM");
        txtBulan.setText("" + formatBulan.format(date));
        SimpleDateFormat formatTahun = new SimpleDateFormat("yyyy");
        txtTahun.setText("" + formatTahun.format(date));
        txtNIS.requestFocus();
        txtNIS.setText("");
        txtNama.setText("");
        txtTempatLahir.setText("");
        txtAlamat.setText("");

        try {
            Class.forName(KoneksiDatabase.driver);
            java.sql.Connection c = DriverManager.getConnection(KoneksiDatabase.database, KoneksiDatabase.user, KoneksiDatabase.pass);
            Statement s = c.createStatement();
            String sql = "select * from Identitas";
            ResultSet rs = s.executeQuery(sql);

            final String[] headers = {"NIS", "Nama", "Tempat Lahir", "Tanggal Lahir", "Alamat"};
            rs.last();

            int n = rs.getRow();
            Object[][] data = new Object[n][5];
            int p = 0;
            rs.beforeFirst();
            while (rs.next()) {
                data[p][0] = rs.getString(1);
                data[p][1] = rs.getString(2);
                data[p][2] = rs.getString(3);
                data[p][3] = rs.getString(4);
                data[p][4] = rs.getString(5);
                p++;
            }
            tblIdentitas.setModel(new DefaultTableModel(data, headers));
            tblIdentitas.setAlignmentX(CENTER_ALIGNMENT);

        } catch (Exception e) {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Gagal Koneksi kang....", "Warning", JOptionPane.WARNING_MESSAGE);
        }

    }

Nah, setelah itu kita bikin juga kondisi saat kita menyimpan. Untuk sourcecode menyimpannya seperti berikut : Baca lebih lanjut