Bikin Globe dengan The Gimp di Linux Mint

Nah, kali ini gak programing-programingan… kali ini nulis tentang grafis aja dech… biar gak botak ni kepala… 😀 Biar berkembang juga antara otak kanan and otak kirinya… Kan lebih indah kayaknya bila otak kita seimbang… xixixi…. bayangin aja kalau otak kita ndak seimbang lagi… Nengkleng terus ni kepala …. Waduh… malah ngelantur terus… Oke dech… kita kembali kepada pokok permasalahan…Kita akan mencoba membuat globe yang muter-muter dengan menggunakan The Gimp. Nah sebagai langkah pertama, harus kita persiapkan dulu gambar petanya, bisa dalam bentuk jpg, png atau gambar yang lainnya. Kalau bisa gambar sendiri juga gak papa…. nah, kalau kesulitan nyari gambarnya silahkan ambil gambar di bawah ini!

Nah, selanjutnya kita buka gambarnya dengan menggunakan The Gimp. Setelah terbuka, kiga scale (atur ukuran) menjadi gambar yang persegi (panjang dan lebarnya sama) caranya dapat melalui menu Image –> Scale Image, maka akan tampil kotak dialog scale image seperti gambar di bawah ini :

Nah, kalau gak mau simetris, click lah gambar rantai (biar tidak diskalasikan dengan ukuran) kemudian click Scale. Jangan khawatir gambar telah menjadi lonjong tidak seperti peta yang benar. Justru dengan simetris ini nantinya akan menjadi bola dunia yang benar. 😀 Setelah selesai kita bikin globenya melalui menu Filter –> Animation –> Spinning Globe, maka muncul kotak dialog seperti berikut :

Pada gambar di atas Frame-nya saya isi 50, hal ini saya lakukan agar gambar bergerak dengan halus dan agak lambat. Semakin banyak isi frame maka akan semakin lama saat render. hehehe… Anda boleh coba-coba dengan jumlah framenya. Setelah anda tentukan frame-nya click OK. Nah, maka akan terjadi proses render. Setelah selesai anda dapat mencoba menjalankan gambar hasilnya dengan click dari menu : Filter –> Animation –> Playback, maka akan muncul jendela preview. Jalankan aja…

Kemudian bagiamana cara menyimpannya? Seperti biasa, dari menu File –> Save As, berikan nama file dan pada extensinya pilih Gif. Nah, pada saat penyimpanan ada konfirmasi seperti gambar di bawah ini :

Pastikan pilihan pada Save as Animation. Oke… Nah, setelah tersimpan maka hasilnya ya seperti pada gambar di atas…!! 😀

Iklan

4 comments on “Bikin Globe dengan The Gimp di Linux Mint

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s