Remastering Linux Mint –> Farazinux

Remastering Linux Mint kali ini melibatkan bantuan software Remastersys. Tujuan dari remastering kali ini adalah untuk membuat image tiruan dari sistem operasi Linux Mint yang telah terinstall di laptopku. Karena dah lumayan kompleks dengan berbagai macam fitur aplikasi yang saya butuhkan, maka untuk menjaga bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan dapat langsung install ulang dengan hasil remastering yang telah dibuat. 😀

Langkah pertama yang harus kita persiapkan adalah memastikan sistem operasi telah terinstall sesuai dengan keinginan kita. Begitu pula dengan tampilan desktopnya. Oh, iya dari pada panjang x lebar maka silahkan anda download tutorial yang dibuat oleh mas Wahyu Agung berjudul Buku Remastering Ubuntu.

Dari e-book tersebut menjelaskan secara rinci tentang cara meremastering Ubuntu, dipaparkan juga software-software untuk remastering distro Linux yang lain, bahkan untuk Windows. 🙂 Thanks banget Mas Wahyu. Akan tetapi mungkin anda akan menemui berbagai masalah untuk menyelesaikan sesuai dengan keinginan yang telah anda rencanakan. Seperti saya setelah menyelesaikan remastering sesuai dengan petunjuk eh… file iso hasil remastering setelah saya coba dengan VirtualBox malah ada error initrd.gz Bagaimana solusinya?

Solusi untuk error initrd.gz
Kita buat dulu filenya… Ha…. bikin sendiri? Isinya apa file itu? Cara bikinnya ketik aja seperti di bawah ini :

sudo mkinitramfs -o /home/farazinux/initrd.gz 2.6.32-21-generic

untuk /home/farazinux/initrd.gz anda sesuaikan dengan directory home anda.

Selanjutnya copy file initrd.gz yang telah anda buat di directory home ke directory kerja Remastersys. Biasanya terdapat pada /home/remastersys/ISOTMP/casper/. Nah, setelah itu barulah anda beraksi lagi dengan menjadikan iso file-file hasil kerja remastersys. O iya jangan lupa tadi setelah proses selesai jangan langsung diclean ya… soalnya kalau ada error kayak gini kan ndak mengulang kembali, kalau udah diclean ya… mengulang dari depan… hehehee… Untuk meng-iso-kan atau membentuk file iso anda gunakan perintah seperti di bawah ini :

sudo mkisofs -r -V "Farazinux" -chache-inodes -J -l -b isolinux/isolinux.bin -c isolinux/boot.cat -no-emul-boot -boot-load-size 4 -boot-info-table -o farazinux.iso /home/remastersys/remastersys/ISOTMP/

Untuk nama farazinux.iso sesuaikan dengan kesenangan anda sendiri.

Oke selamat mencoba bila masih ada masalah anda ubek-ubek aja mbah google. 😀 Selamat mencoba…

4 comments on “Remastering Linux Mint –> Farazinux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s