Selamat Kawan-Kawanku…

Tak da kata lain selain “SELAMAT ATAS DIWISUDANYA TEMAN-TEMANKU DI UNIVERSITAS MURIA KUDUS, KHUSUSNYA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI. Semoga kita semua sukses…!!!

Wisuda Fakultas Teknik UMK

Em… ternyata tiba juga tanggal 20 Oktober 2009. Hari di mana wisuda Fakultas Teknik UMK diselenggarakan. Kali ini gue ikut juga jadi salah satu wisudawan. 😀 Haru bercampur baur di antara para wisudawan wisudawati Fakultas Teknik. Setelah lama memperjuangkan pendidikan di Fakultas Teknik (Program Studi Sistem Informasi, Teknik Elektro dan Teknik Mesin) bersama-sama mengikuti Wisuda 😀

Waduh…. acaranya mungkin sederhana … tapi insya Allah akan mengukir sejuta kenangan terhadap Bapak Ibu Dosen beserta karyawan-karyawati UMK. Oke…! Siap 86 Pokoknya…. Sembari menunggu wisuda Universitas yang Insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2009 yang akan menjadi momentum bersejarah bagi saya dan kawan-kawan. Thanks semuanya….

By farazinux Posted in Kuliah

Ketentuan Penjilidan Skripsi SI

Emm… akhirnya kabar bahagia bersama-teman udah berhasil melaksanakan ujian skripsi, alhamdulillah …. hasilnya memuaskan… semua pihak 😀 Ujian yang dinanti-nantikan telah selesai, sudah saatnya bagi mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus untuk langsung menuju revisi (bila ada yang kurang tepat) 😦 atau langsung menemui penguji untuk mendapatkan pengesahan. 😀 Nah… kalau udah ya… tinggal dijilid aja brooo….

Nah… untuk format atau aturan penjilidan telah ditetapkan sebagai berikut : Baca lebih lanjut

Kisah Hari Ini… Ujian Skripsi…

Pagi-pagi buta tanggal 22 Juli 2009 berusaha berangkat… ya… diminta ibu nganterin adik gendut nich… ke sekolah, kata ibu ngiras-ngirus berangkat ke kampus dech.. 😀 Emm… tapi sang bapak ndak setuju, beliau masih sangat kepengen nganterin putranya yang paling kecil (tapi paling gendut) 😀 Ya… udah dech… aku berangkat sendiri, langsung menuju kediaman Sdri. Laili Qodriyah, karena belum tahu posisi rumahnya yang tepat… ya… telp dulu… tapi sewaktu diangkat… “LANGSUNG KE KAMPUS AJA DULU PAK…, NTAR TAK BAWAKAN SNACKNYA…!!!” Duch… enak juga punya teman-teman yang baik hati…

Wow… langsung menuju kampus hijau nich… tapi, setibanya di sana… eh… kepagian dech, temen-temen masih pada di tempatnya Laili sibuk menata jamuan snack buat acara ujian ini. 😦 Jadi malu nich sama teman-teman…!!! Ma’af ya… teman-temanku… aku merindukanmu…!!! Emmm… setelah 10 menit berlalu, kawan-kawanku peserta ujian dah pada nongol… dah pada mbejudul-mbejudul… Saatnya kerja bakti mengangkat snack, makanan, dan hidangan yang lainnya ke lantai 3 dan 4 gedung laboratorium Fakultas Teknik. 😀

Acara dibuka pada jam 08.30 dengan acara upacara pembukaan di Ruang Laboratorium Hardware Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus. Pada upacara pembukaan ini bapak Dekan : Bapak Sugeng, MT menginstruksikan kepada seluruh peserta ujian untuk senantiasa menjalankan ujian dengan penuh semangat dan kondisi yang prima baik mental maupun fisik. So, jangan terlalu spaneng and pusing ya… santai aja lagi..!!!

Nah, ane yang harus mengikuti ujian pada ruang Laboratorium Multimedia pada urutan ke tiga (urutan terakhir nich..) harus menunggu lama… sampai bisa dikata “CAPEK DECH…” 😀 Dengan penuh sabar dan antusias serta canda tawa bersama kawan-kawan ane terus menunggu sampai pada giliran. Sambil berfikir kok ndak ndang giliran ya…!!!!
Baca lebih lanjut

Jadwal Ujian Skripsi Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus 2009

Berita buat kawan-kawanku semua… sesama Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus yang akan mengikuti ujian skripsi bulan Juli ini… Nah… sebelum melakukan ujian ada sedikit persiapan yang harus dimiliki oleh mahasiswa (Ini Pesan dari Pak Aji lho….) Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Fisik dan Mental

  2. Materi yang akan dibawakan

  3. Pakaian Dengan ketentuan –> Bagi Cowok (Baju kemeja putih berdasi, celana hitam, dan memakai jas almamater) –> Sedangkan bagi cewek tidak boleh bercelana alias harus pake rok. 😀

  4. Tool atau peralatan untuk presentasi dipersiapkan dengan baik… (sebaiknya lakukan pengecekan tool-tool yang dibutuhkan untuk presentasi skripsi)

  5. Manuskrip paling tidak 2 hari sebelum ujian harus sudah diserahkan kepada penguji (ada 3 penguji dan 1 pendamping yang harus diberi manuskrip skripsi)

  6. Konsumsi / snack dibicarakan dengan teman seperjuangan… (ada makan siang juga lhooo) karena yang diundang adalah Bapak/Ibu yang terhormat (karena guru / dosen kita), maka sebaiknya snack / makanan yang disediakan adalah yang sederhana tetapi tidak mengecewakan. 😀

  7. Ini adalah info sementara… jika ada refisi menunggu ya….

  8. Untuk peserta yang pengujinya Bapak Pratomo Setiaji, S.Kom pada hari pertama… manuskrip dapat di-email ke tyo2donk@yahoo.com

O… iya sampai lupa.. kalau tentang jadwal peserta ujiannya dapat dilihat sebagai berikut :
Baca lebih lanjut

Waktu Mengerjakan Skripsi Udah Mepet…! :(

Ndak terasa ya… udah akhir bulan Mei… 😦 waktu mengerjakan skripsi agar bisa ikut ujian Juli dah mepet banget nich…. harus bisa selesai dech…! Tapi tantangan menghadang dengan garangnya…! Tantangan yang kutulis dalam blog aku pengen skripsi terselesaikan dengan basis openSource dah mulai rilis…! 😀 Tapi sayang, sampai detik ini mengenai materi JAVA yang sedianya harus aku sedikit dalami masih cetek-cetek amat… 😦 Menyedihkan kan…! 😀

Tapi dengan penuh semangat dan dorongan dari berbagai pihak, akhirnya sampai juga pada bagian Design Interface Program (mengenai analisa udah selesai kayaknya nich… heheeheee…). Ya… lagi-lagi emang video tutorial persembahan dari Suhu Java Kita EECCHHOO memberikan banyak inspirasi dan motivasi untuk lebih berkembang. Hem… hebat banget nich pokoknya dijadikan media pembelajaran. Nggak ada salahnya bagi para newbie Java untuk sedikit merogoh kocek untuk ikut mengkonsumsi video tutorial yang amat berharga itu.

Nah, sebagai gambaran ringan berikut ini merupakan sedikit modifikasi dari apa yang kita pelajari pada tutorial tersebut. 😀
Baca lebih lanjut

Software Apa yang Nyaman Untuk UML..?

UML saat ini lagi ngetren digunakan untuk analisa maupun rekayasa perangkat lunak. Cara pandangnya yang berorientasi objek menjadikan UML sebagai sebuah permodelan sistem yang sesuai dengan era pemrograman komputer saat ini. UML memberikan kemudahan dalam melakukan analisa suatu sistem, selain itu kemudahannya untuk dimengerti oleh kalangan yang belum mengenal analisa dan perancangan sistem juga menjadikan UML sebagai sebuah terobosan baru. Cara pandangnya yang tidak harus pakem seperti pada permodelan pemrograman terstruktur menjadikan UML turut lebih diminati.

Berbagai pengembang software berlomba membuat sebuah tool yang dapat merancang permodelan sistem dengan UML. Dari yang bersifat gratis sampai yang harus membayar segudang rupiah telah ada menanti kita. So, seperti biasa tinggal kita sendiri yang menentukan software mana yang mau kita jadikan tool favourite untuk UML. Dari beberapa software untuk melakukan permodelan diantaranya adalah :
Baca lebih lanjut

Cari Judul Skripsi….? Nich… Buanyak Di Sini…!

Emm…. emang nich… kadang pusing juga cari ide buat judul sebuah mahakarya dari seorang mahasiswa. 😀 Tapi tenang aja belantara internet menyajikan banyak hal sebagai obat pusing anda…! So jangan sampai stress ya…! Nongkrong aja depan komputer… terus browsing dech…! wow banyak juga yang bisa kita lihat noch…! Termasuk baca artikel ini kan…! 😀 So, sejenak jangan berpikir susah, pikir aja semua masalah dapat diselesaikan, semua masalah ada jalan keluar…! 🙂 Be Positive Thinking….! (Kalau gak salah tulis tuch…!)

Trus…. gimana nich… kok gak nyambung sama judulnya… Tenang aja brooo… urusan judul skripsi ma… jangan khawatir… tenang aja… banyak kok diinternet…! Kalau mau yang versi donasi-donasian ada di indoskripsi tuch…! Tapi gimana ya … kalau sekedar jari inspirasi buat judulnya aja…! 😀 Any Sollution? Pasti ada dong…!
Baca lebih lanjut

Saatnya Belajar UML (Unified Modeling Language)

umlUML (Unified Modeling Language) saat ini lagi ngtrend untuk dijadikan permodelan design sistem. Hemm…. kemarin UML dah diperkenalkan dalam mata kuliah PSI (Pengembangan Sistem Informasi) Program Studi Sistem Informasi Universitas Muria Kudus oleh Bapak Pratomo Setiaji, S.Kom. Hem… so, kalau mau cari materinya lebih detail lagi ada di beberapa situs yang menjelaskan tentang tutorial UML kok. So, tenang aja dech… Perpustakaan Internet siap menampung segala aspirasi kalau mau belajar dengan sungguh-sungguh.
Baca lebih lanjut

Akhirnya Ngambil Skripsi Juga ….! Ayoooo Kawan-Kawan…! Semangat…!

Jum’at, 13 Maret 2009 hari yang aku ingat bersama kawan-kawan (Om Herman, Rosidi, dan kawan-kawan yang lain) mendaftarkan diri untuk mengambil pembimbing skripsi kepada Mr. Aji (Pratomo Setiaji, S.Kom.) selaku koordinator Pembimbing Skripsi pada Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (UMK). Untuk itu, diwajibkan pada mahasiswa untuk mendaftarkan diri dengan biaya Rp 450.000,- (dapat dibayarkan 50% dulu, tapi kok aneh katanya 5% tapi duitnya harus minimal Rp 250.000,- 😦 ya kan pak…?)

Sayangnya para pembimbingnya belum dapat diinformasikan, karena menunggu kebijakan lebih lanjut. Mr. Aji menyampaikan bahwa secepatnya akan diinformasikan kepada mahasiswa perihal pembimbing skripsi yang akan membimbing para mahasiswa untuk menorehkan pikirannya demi menunjukkan akhir cerita dari sebuah pendidikan di Universitas Terbesar di Kota Kudus itu…! 😀 (kan emang adanya UMK…! yang lain kan bukan universitas :)) Jangan marah ya…!

Maju terusss….. skripsi mari kita taklukkan bersama…! Khususnya kawan-kawan seangkatan saya (yang pada daftar di UMK tahun 2005) semoga dapat bekerja sama dengan baik membentuk tim lulusan yang dapat membanggakan baik bagi Program Studi, Fakultas, Maupun Universitas yang mentereng ini. Yukkk… kita tunjukkan bahwa kita adalah mahasiswa yang mampu mengubah paradigma pandangan selama ini yang sering menyudutkan kita sebagai mahasiswa yang kagak punya kualitas. Kita tunjukkan bahwa kita adalah mahasiswa berkualitas tinggi dengan lulusan yang mampu mengubah pandangan negatif

Ah… udah ach… mungkin kata-kata terlalu semangat ntar malah terlena sendiri 😀 yang penting kita berusaha dan berdo’a tanpa mengenal menyerah, tanpa mengenal putus asa…! Yukk….!