Menulis Huruf Asing (Arab) di Windows

/*
 * Sebenarnya aku kurang suka posting tulisan ini, tapi bagaimana lagi
 * Kawan-kawan banyak juga yang masih gandrung sama Windows
 * Tapi mereka saya harapkan untuk menggunakan Linux juga ya.... 
 * Tapi tak mengapalah biar bisa nulis arab di Windows tanpa software bantuan
 * Berikut ini adalah tips dan langkah-langkahnya .... heheeeheee 
 */

Menulis tulisan asing termasuk Arab di komputer adalah suatu hal yang tidak bisa kita elakkan begitu saja. Apalagi kita sebagai seorang muslim, wah sangat sering sekali pengen nulis dalam tulisan Arab. Akan tetapi, bagaimana agar dengan mudah kita dapat menulis tulisan Arab di komputer yang berbasis sistem operasi Windows? Perlukan software tambahan?

Ya… nggak perlu lah… kan udah beli mahal-mahal masak nggak bisa nulis tulisan asing sich? Linux aja yang gratisan bisa nulis Arab dengan mudah kok! 😀 Lantas bagaimana langkah-langkah menulis Arab di Windows?

Baca lebih lanjut

Menulis Arab di Linux OpenSuse 11

Ayoo menulis Arab bersama Linux ….

/*
 * Dapat menulis dengan huruf asing (Arab) misalnya memang hal yang asik
 * Linux sangat fantastis, OpenSuse enjoy banget broo dah banyak suport
 * Tulisan di bawah ini akan memaparkan bagaimana kita bisa nulis Arab
 * Semoga nantinya bisa bermanfaat. Amiin
 */

Sebelum ane jelasin bagaimana kita bisa nulis Arab di Linux. Terlebih dahulu ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan. Tutorial kali ini berdasarkan Linux OpenSuse 11 dengan desktop KDE 4.0 kalao ada yang pake OpenSuse versi lain atau desktop versi lain ya… tinggal menyesuaikan. 😀 Akan tetapi di desktop KDE kurang lebih seperti ini. Kalau di Gnome agak berbeda sich. Kapan2 ane posting kalo ada yang berkepentingan. 😀

Pertama tama bukalah Personal Setting di OpenSuse seperti pada gambar di bawah ini :

Baca lebih lanjut