MEMANGGIL PROGRAM WINDOWS DENGAN JAVA NETBEANS

Di perkuliahan semester ini (sekarang aku baru nongkrong di semester 6). Ya… lagi dapet mata kuliah Pemrograman Beroientasi Objek. Bahasa pemrograman yang dipakai di adalah Delphi. Wah… menarik banget lho… karena ternyata Delphi banyak sekali komponennya.
Akan tetapi sayang, aku lagi tertarik sama Java NetBeans, jadi Delhpi banyak ketinggalan tuch. Sewaktu ada materi Delphi membuat perintah untuk eksekusi program-program Windows dengan API, eh … aku malah asyik mencari cara untuk mengeksekusi program-program Windows dengan NetBeans Java.
Seperti biasa buat aja project di NetBeans dengan tipe Java Application. Trus tambahkan JframeForm, nah di situ tambahkan aja empat buah button. Keterangan buttonnya sebagai berikut :

btnNotepad = new javax.swing.JButton();
btnPaint = new javax.swing.JButton();
btnRegedit = new javax.swing.JButton();
btnCalc = new javax.swing.JButton();

Nah, kemudian di masing-masing button tambakan code, caranya cukup mudah dengan click kanan pada salah satu button kemudian pilih Events – > Action – > Action Performed. Tambahkan ubahlah menjadi seperti berikut ini :

// Memanggil NotePad 
private void btnNotepadActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { 
try {
Runtime.getRuntime().exec("notepad.exe"); 
} catch (IOException ex) {
Logger.getLogger(eksekusi.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
{
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terjadi Kesalahan", "Error", JOptionPane.WARNING_MESSAGE);
}
}

//Memanggil program Ms. Paint 
private void btnPaintActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { 
try {
Runtime.getRuntime().exec("mspaint.exe"); 
} catch (IOException ex) {
Logger.getLogger(eksekusi.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
{
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terjadi Kesalahan", "Error", JOptionPane.WARNING_MESSAGE);
}
}

// Memanggil Regedit (Registry Editor Windows)
private void btnRegeditActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { 
try {
Runtime.getRuntime().exec("regedit.exe"); 
} catch (IOException ex) {
Logger.getLogger(eksekusi.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terjadi Kesalahan", "Error", JOptionPane.WARNING_MESSAGE);

// Memanggil kalkulator windows 
private void btnCalcActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { 
try {
Runtime.getRuntime().exec("calc.exe"); 
} catch (IOException ex) {
Logger.getLogger(eksekusi.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terjadi Kesalahan", "Error", JOptionPane.WARNING_MESSAGE);
}
}
}

Nah… trus kalau udah selesai tinggal di eksekusi dech…. biasa caranya dengan tombol F6.
Maaf SourceCode nya berantakan…

Iklan

One comment on “MEMANGGIL PROGRAM WINDOWS DENGAN JAVA NETBEANS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s