Kompres mp3 di Linux

Memang sekarang ini kapasitas penyimpanan digital sudah sangat mumpuni. MicroSD saja sekarang yang paling laris terjual 2 – 4 GB. Ini berarti banyak perangkat mobile (HP) yang telah menggunakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk menampung file-file yang biasanya termasuk juga mp3. Akan tetapi tidak cukup sampai di situ. Kita selaku pengguna terkadang juga lebih menginginkan file mp3 yang lebih kecil dari pada biasanya. Agar lagu-lagu favorit lebih banyak yang bisa ditampung dalam memori perangkat HP.

Bagi para pengguna sistem operasi Jendela (Windows) banyak sekali perangkat lunak yang menyediakan kompresi file mp3. Diet MP3 misalnya, software ini sudah sangat terkenal dan familiar bagi para pengguna sistem operasi Jendela (Windows), lebih-lebih para pemilik counter HP. 🙂 Akan tetapi, bagaimana dengan kita yang menggunakan Linux? Tidak adakah solusi bagi kita untuk juga mengkompresi file mp3 yang kita miliki?

Tenang saja, di sistem operasi Linux banyak juga kok cara untuk melakukan kompresi file MP3 yang kita miliki. Salah satu diantaranya adalah dengan cara menggunakan software Audacity. Software ini sangat powerfull baik untuk edit file suara (sound editing) termasuk diantaranya adalah mengkompresi file mp3. Caranya cukup mudah, pertama buka saja file mp3 yang kita miliki melalui menu File –> Open atau dapat menggunakan tombol kombinasi Ctrl + O setelah itu tinggal kita export saja melalui menu File –> Export Nah, pada click tombol Option dan pada opsi kualitas turunkan menjadi 64 kbps atau terserah anda, yang penting lebih rendah dari pada biasanya. Selamat mencoba, Insya Allah mujarrab… 😀

Iklan
By farazinux Posted in Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s